Tiap dekade, kita dihadapi tren game simulasi pembangunan kota–seperti Simcity™, Cities XL™, dan Cities: Skylines™. Seiring waktu, peminat dan pemain game ini semakin beragam umur dan semakin bertambah di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Keberadaan game ini diyakini dapat mengasah kemampuan kreatifitas dan pemecahan masalah dari tiap orang yang memainkannya. Secara tidak langsung, pemain juga diperkenalkan dengan berbagai hal dunia luar seperti monumen terkenal, bangunan ikonik, dan geografi dunia.

Selain bermain membangun kota, pemain juga diberi kesempatan untuk berkontribusi mengembangkan game itu. Contohnya adalah dengan mendesain model bangunan sendiri dan membagikannya kepada pemain di seluruh dunia agar bisa dibangun di kota masing-masing. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki ketrampilan itu, terlebih orang Indonesia.

Karena itulah #JakartaInGameProject atau JIGP hadir sebagai cara untuk memperkenalkan Kota Jakarta kepada dunia melalui game dan diharapkan dapat mendorong orang-orang Indonesia untuk bisa mengasah ketrampilan berkarya terutama di dunia industri game.

~~

Indonesia patut bersyukur memiliki Roe99 selaku inisiator misi ini. Karyanya berupa Batavia Tower di game Simcity 4 telah menjadi model bangunan yang paling diminati seluruh dunia. Sejak itu Indonesia pun semakin dikenal oleh ratusan ribu orang. Saya pun terinspirasi dari semangat Roe99 untuk tidak hanya bermain tetapi juga belajar membuat model bangunan Indonesia sendiri ke dalam game. Akhirnya saya lakukan itu saat menikmati permainan Cities XL dan Cities:Skylines.

Karya Roe99 di Simcity 4
Regatta Jakarta di Berbagai Game

Lihatlah kini, koleksi bangunan Indonesia semakin banyak dan dinikmati seluruh dunia. Siapa yang tak bangga bisa melihat bangunan di kota nya sendiri berada di dalam game yang dimainkan oleh orang di seluruh dunia.

Teman saya pun pernah berkomentar “Gamer kreatif & produktif akan banyak mendapatkan manfaat dari apa yang dilakukannya, mereka terlihat sedang asik bermain padahal sesungguhnya mereka sedang belajar dengan caranya melalui apa yang mereka senangi.”

Jadi tunggu apa lagi, ayo ikutan produktif dan belajar memperkenalkan Kota Jakarta dan kota mu kepada dunia melalui video game!