Tutorial ECMWF ERA 5

Dalam proses desain struktur ataupun layout bangunan, dibutuhkan sebuah data lingkungan sebagai dasar analisis. Seiring perkembangan teknologi, data lingkungan tersebut semakin mudah didapatkan secara gratis di internet. Berbagai instansi dari belahan dunia telah berbaik hati untuk menyediakan data ini kepada kita yang ingin belajar. Contoh salah satu instansi tersebut adalah ECMWF (European Centre for Medium-Range Weather Forecasts) yang merupakan sebuah instansi penelitian gabungan beberapa negara di Eropa.

ECMWF telah menyediakan berbagai macam dataset lingkungan. Salah satu yang paling terkenal adalah data ECMWF Interim. Namun pada tahun 2019, ECMWF telah meluncurkan dataset lingkungan baru dengan nama ECMWF ERA5. Perbedaan keduanya dapat dilihat pada pada link berikut ini.

ECMWF ERA5 memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan ERA Interim. Salah satu yang paling utama adalah karena data ECMWF ERA5 berinterval satu jam dan data merupakan gabungan dari sejumlah data estimasi global pada tahun tahun lalu dengan menggunakan pemodelan canggih dan sistem asimilasi data. Sehingga data yang tersedia pun dari tahun 1950 sampai tahun 2019 di seluruh dunia!

Walaupun begitu, mengunduh dan mengolah data di ECMWF ERA5 ini cukup tricky, atas alasan itulah tutorial ini dibuat.

Silahkan baca tutorial tersebut secara gratis di sini
bit.ly/tutorialERA5

# cara mengunduh
# cara mendownload
# tutorial mengunduh data angin
# tutorial mengunduh data gelombang
# tutorial download ecmwf
# tutorial download ecmwf era 5

Leave a Reply